1 min read

Akhirnya, Upload Video Pertama di Youtube

Akhirnya, Upload Video Pertama di Youtube
Photo by Leon Bublitz / Unsplash

Setelah lama-lama nunda dan ini itu, akhirnya upload video pertama yang diluar rencana

Rencana

Beberapa waktu yang lalu, saya coba menuliskan keinginan untuk mulai membangun Youtube channel. Salah satu tahapan yang saya lakukan adalah untuk mulai menulis terlebih dahulu, dan belajar bikin video di Youtube. Ada banyak planning yang sudah disiapkan, kumpulan ide konten dll.

Awalnya, di bayangan keliatan keren, video pertama pengen saya upload untuk schedule tayang 5 tahun lagi. Lalu, video public pertama nya untuk menjelaskan tentang alasan kenapa memulai Youtube. Tapi akhirnya, ga kesampaian.

Realita

Saya terlalu mengagung agungkan kesempurnaan rencana ini, namun kurang waktu, eksekusi dan dedikasi untuk "stick to the plan". Malah, satu bulan yang lalu saya mulai shooting video dengan topik lain, yang lebih mudah dibahas dengan alasan untuk testing setup, framing, setting lampu dll. Saya terlalu lama berkutik di video tersebut hingga akhirnya saya gagal menyelesaikan rencana target 20 tulisan per bulan, dan gagal membuat video tentang Youtube. At least, saya punya satu video yang selesai di edit, dengan bahasan yang sedikit random, yang tadinya akan saya pake untuk ngetest shooting dan edit.

Di minggu terakhir Desember 2021, karena sudah tidak cukup waktu untuk membuat video sempurna yang saya bayangkan tadi, saya membuat satu tentang edit video menggunakan Final Cut Pro X. Tidak disangka sangka, proses pembuatannya hanya membutuhkan waktu sekitar 3 hari (1 hari weekdays di malam hari, dan 2 hari weekend). Karena kepepet.

Akhirnya Upload Juga

Akhirnya, di sisa hari hari terakhir menuju tahun baru, saya fokus edit video tersebut hingga dapat saya upload dengan beberapa kekurangan yang harus saya terima. Saya menemukan audio yang direkam tidak bagus karena ada noise dari fan laptop yang cukup berisik karena screen recording. Saya coba pake noise removal di FCPX, namun cukup mengurangi kualitas audio secara keseluruhan.

Tidak ada waktu lagi untuk retake. Pada pagi hari, 1 January 2022, saya edit beberapa final touch di video tersebut, membuat thumbnail dan upload. Akhirnya, video pertama telah lahir :)

video pertama yang membahas edit video final cut pro x

Bukan sesuatu yang sangat saya banggakan, tapi saya bahagia karena akhirnya pecah telor di tahapan paling awal dalam membuat konten Youtube.

Comments

Sign in or become a hirzani member to join the conversation.
Just enter your email below to get a log in link.