3 min read

Berapa Lama Artikel Kita Muncul di Google?

Berapa Lama Artikel Kita Muncul di Google?
Photo by Firmbee.com / Unsplash
Menurut Google proses crawling dapat memakan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu. Sedangkan Ramona Sukhraj mengestimasi proses tersebut dalam kurun waktu 4 hari hingga 6 bulan

Setelah kita publish artikel pertama, tentu kita akan penasaran kapan traffic akan berdatangan. Begitu pula yang saya rasakan dalam perjalanan membangun blog ini. Walaupun sadar bahwa menanti traffic dapat memakan waktu berbulan bulan, tetap saja ingin melihat apakah artikel kita muncul di hasil penelusuran. Lalu yang saya lakukan adalah melakukan pencarian dengan kata kunci yang sama persis dengan artikel blog saya. Untuk cek apakah akan muncul atau tidak.

cek manual apakah artikel sudah muncul di google
cek manual di google search apakah sudah muncul

Begitu pula saat artikel kedua di publish, besoknya saya coba googling judul blog saya. Karena tidak ada kepastian akan kapan artikel saya muncul, membuat saya penasaran untuk cek. Namun, sekarang tidak lagi. Ternyata ada cara yang lebih nyaman untuk cek hal ini.

Tidak Ada Waktu Pasti

Lalu sebetulnya, kapan artikel kita akan muncul (terindeks) di google. Setelah mencari kesana kemari ternyata memang tidak ada kepastian akan hal itu. Namun Google memberikan pernyataan bahwa proses indexing dapat memakan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu. Tidak menutup kemungkinan artikel kita bisa saja tidak terindex sama sekali, karena beberapa faktor lain. Ramona Sukhraj mengestimasi proses tersebut dalam kurun waktu 4 hari hingga 6 bulan.

Dari pengalaman saya (yang baru mempublish artikel dengan hitungan jari ini 😄), prosesnya malah tidak sampai 4 hari. Biasanya besoknya atau lusa, saya cek sudah terindex oleh Google. Namun balik lagi hal ini bisa berbeda beda ya, banyak faktor yang mengatur bagaimana algoritma crawlingnya bekerja.

Melihat Status Terindex Google

Dalam proses pencarian informasi ini pula saya menemukan sebuah tools bernama Google Search Console. Google Search Console adalah layanan gratis yang berfungsi untuk membantu kita mengelola kondisi dan keberadaan blog kita pada hasil penelusuran google. Intinya, disana kita bisa belihat apakah artikel kita sudah terindex atau belum.

Contohnya seperti ini,

1. Masuk ke pilihan menu coverage.

menu coverage pada google search console
pilih menu coverage

2. Centang Valid

cek coverage pada google search console
cek coverage pada google search console

3. Klik tabel details pada bagian bawah

4. List url yang sudah terindex akan muncul

list artikel yang sudah terindex
list artikel yang sudah terindex

Cara lainnya adalah masuk ke menu URL Inspection, masukan URL kamu. Nanti akan muncul hasilnya apakah url tersebut sudah terindex atau belum.

hasil url inspection google search console
hasil url inspection google search console

Jika teman teman perhatikan pada gambar diatas juga ada menu untuk Request Indexing. Fungsi dari menu ini adalah untuk meminta Google melakukan indexing ke url tersebut. Namun, prosesnya pun sama saja, tidak sekejap mata. Bahkan estimasi prosesnya dinyatakan sama dengan proses yang otomatis. Tapi setidaknya, ada layanan yang bikin kita tenang untuk cek ataupun troubleshoot keberadaan artikel kita di penelusuran Google.

Jadi, itulah sekilas yang saya pelajari hari ini dalam proses belajar membangun blog. Mudah mudahan dapat memberikan manfaat.

Comments

Sign in or become a hirzani member to join the conversation.
Just enter your email below to get a log in link.