3 min read

Cara Membuat Blog Menggunakan Ghost di Digital Ocean

Cara Membuat Blog Menggunakan Ghost di Digital Ocean

Kenapa memilih ghost dan bagaimana cara membuatnya menggunakan hosting Digital Ocean.

Kenapa Memilih Ghost

Membuat akun dan situs blogging bukanlah sesuatu yang rumit. Apalagi saat ini kita memiliki berbagai pilihan plaform yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan selera kita.

Wordpress sepertinya masih menjadi salah satu platform CMS yang paling tidak asing di telinga. Namun, apabila teman-teman bosan dengan tampilan wordpress ataupun ingin sesuatu yang lebih simple dan murni hanya untuk blogging, bisa jadi Ghost adalah pilihan yang tepat.

Ghost merupakan salah satu platform blogging yang diciptakan karena ingin menyederhanakan Wordpress. Wordpress saat ini memang kaya dengan fitur dan beragam pengaturan. Hal ini baik di satu sisi. Namun, pada sisi yang lain hal ini malah meningkatkan kompleksitas dari kesederhanaan menulis dan mempublish. Ghost diciptakan dengan tujuan semata mata untuk publishing, sehingga bagi teman-teman yang ingin mempublish tulisan, pengalaman menggunakannya diclaim lebih nyaman. Terlebih ghost menggunakan teknologi pemrograman modern yang membuat performa aplikasi berjalan lebih cepat dan secure.

Saat ini saya berniat untuk membiasakan menulis tentang pengalaman ataupun sedikit ilmu dalam bentuk blog. Dalam proses pemilihan platform bloggingnya saya memilih Ghost karena interaksi penggunaannya yang simple dan tampilan yang minimalis. Selain itu, rasanya cukup bosan melihat tampilan wordpress. Perlu sesuatu yang baru supaya lebih semangat.

Akhirnya, saya memutuskan untuk menggunakan Ghost, dimana tulisan ini juga di publish pada plafrorm Ghost. Pembuatan blog dapat menggunakan managed hosting yang disediakan Ghost, ataupun installasi dan mengelola
secara mandiri. Karena saya cukup familiar dengan aplikasi web dan ubuntu, saya memilih untuk mengelola sendiri dan menggunakan layanan Digital Ocean untuk hostingnya. Namun, tidak perlu khawatir.. ternyata prosesnya cukup mudah. Berikut langkah langkah yang saya tempuh dalam installasi Ghost di hosting Digital Ocean.

Installasi Ghost di Digital Ocean

Digital Ocean memiliki fitur Droplet, yang membuat proses installasinya menjadi lebih mudah. Berikut tahapannya:

1. Lakukan registrasi akun di Digital Ocean

User yang baru bergabung akan mendapatkan voucher $100 yang dapat dihabiskan dalam waktu 90 hari.

Apabila proses registrasi terdapat kendala, mungkin ini penyebabnya.

2. Pilih “Host a website or static site”.

3. Pilih “Deploy a Ghost server”

4. Pilih spesifikasi server dan region data centernya.

Untuk tahap awal bisa menggunakan yang basic terlebih dahulu, dan untuk regionnya dipilih yang terdekat saja yaitu Singapore.  Jika semua sudah terisi klik “Create Droplet”

5. Berikut droplet yang sudah online

Ip yang tertulis di screenshot tersebut adalah IP public website nya. Bisa dicoba akses melalui browser, namun tampilan Ghostnya belum muncul karena belum selesai terinstall.

6. Membuat domain

Kebetulan saya sudah memiliki domain sendiri yang dibeli melalui Niagahoster. Jika teman-teman belum memiliki domain silahkan dapat membuat dulu di tempat lain, karena Digital Ocean tidak menyediakan fasilitas pembuatan domain. Setelah memiliki domain yang harus dilakukan adalah mengarahkan domain tersebut ke IP server yang didapatkan pada tahapan 5.

7. Login ke server

Setelah login ke server, installasi ghost akan otomatis dimulai. Ikuti proses intallasinya karena ada beberapa inputan yang harus diisi saat installasi. Apabila sudah selesai, tampilannya seperti pada gambar dibawah.

8. Akses website

Silahkan buka website di browser, aplikasih Ghost sudah terinstall dan kita tinggal melakukan pengaturan untuk blog kita.

Tahapan selanjutnya yang saya lakukan setelah ini adalah melakukan konfigurasi Google Analytics, supaya bisa menganalisa sejak awal bagaimana performa blognya.

Sekian beberapa tahapan yang sempat saya lalui dan pelajari dalam membangun blog Ghost di Digital Ocean. Semoga dapat membantu, dan selamat menulis.

Comments

Sign in or become a hirzani member to join the conversation.
Just enter your email below to get a log in link.