3 min read

Jangan Lupa Setting Favicon, Ini Penting

Jangan Lupa Setting Favicon, Ini Penting
Photo by Richy Great / Unsplash

Saya lupa update favicon, ternyata di google search munculnya seperti ini. Segera upload faviconnya pertama kali setelah blog kita online

Apa itu Favicon

Favicon, atau kepanjangannya Favorite Icon merupakan gambar kecil yang melekat pada suatu website. Gambar tesebut muncul pada tab browser, bookmark, ataupun history. Favicon digunakan sebagai salah satu identitas suatu website.

Kenapa Favicon Penting?

Sebaiknya setelah selesai membangun website, salah satu hal pertama yang dilakukan adalah upload gambar favicon. Kebetulan saya terlewat akan hal ini, karena saat membuka browser favicon pada tab browsernya itu adalah logo Ghost (platform blogging yang saya gunakan), jadi intinya ga nyadar 😊. Namun, ketika muncul di hasil google search, faviconnya berupa icon dunia seperti pada gambar dibawah.

Coba teman-teman sekilas lihat hasil pencarian google diatas, mana yang akan di klik? Saya sendiri mungkin akan melewatkan website yang berlogo dunia. Kecuali kalau judul website lain tidak memberikan informasi apa yang dicari.

Jadi, ketika kita search informasi di google, lalu terdapat beberapa pilihan artikel. Website yang tidak memiliki favicon cenderung kurang "trusted" atau kurang "serius". Saya pribadi pun kadang melewatkan membuka web tersebut. Hal ini tentunya sangat penting jika sampai terlewat karena bisa sedikitnya menurunkan peluang orang untuk klik dan visit blog kita.

Selain itu, favicon juga dapat menjadi identity website kita yang memudahkan orang untuk mengidentifikasi website dari banyaknya tab browser yang menumpuk. Jadi secara tidak langsung menggunakan favicon yang unik untuk website juga dapat mengingkatkan user experience visitor website kita.

Favicon Pada Ghost

Untuk proses konfigurasinya bukan suatu hal yang sulit. Kita tinggal masuk ke menu settings lalu pilih branding. Disana ada pilihan untuk mengupload gambar pada bagian Publication Icon.

menu merubah favicon pada ghost
rubah favicon pada bagian publication icon

Saat tulisan ini dibuat, atau beberapa jam setelah saya update favicon, gambar pada tab browser sudah berubah. Jika belum berubah bisa coba menggunakan browser lain atau clear cache. Namun, tampilan pada google search masih berupa logo dunia yang boring. Saat ini saya belum bisa memastikan apakah ada yang salah atau hanya belum terupdate saja di sisi google. Karena kita tahu, google perlu waktu untuk crawling kembali ke page kita. Nanti akan saya update kembali hasilnya di artikel ini saat logo dunia sudah terupdate di halaman search result google.

Update 1 Bulan Kemudian

Setelah saya tunggu sekitar satu minggu, favicon pada hasil penelusuran Google tidak berubah, masih berupa logo dunia. Saya coba telusuri lebih lanjut ternyata Google merekomendasikan ukuran favicon itu dalam bentuk kotak dan dengan ukuran kelipatan 48px, contohnya 48px x 48 px, 96px x 96px.

Pada saat saya mengganti icon tersebut ternyata ukurannya bukan kelipatan 48. Lalu, setelah satu minggu saya upload kembali dengan ukuran tersebut. Hasilnya? masih belum muncul. Googling sana sini dan tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan. Saya pun sudah coba untuk request index melalui Google Search Console namun masih belum berubah. Pada akhirnya, setelah kurang lebih satu bulan berlalu, saya iseng googling keyword salah satu artikel saya, dan berikut tampilannya.

akhirnya favicon muncul di hasil penelusuran google

Jadi, sepertinya memang memerlukan waktu cukup lama hingga favicon di hasil penelusuran dapat berubah. Maka dari itu, ada baiknya langsung setup pertama kali favicon yang sesuai sebelum mempublish artikel pertama.

Comments

Sign in or become a hirzani member to join the conversation.
Just enter your email below to get a log in link.