3 min read

Konfigurasi Google Analytics Pada Ghost

Konfigurasi Google Analytics Pada Ghost
Photo by Myriam Jessier / Unsplash

Langkah pertama yang dilakukan setelah selesai installasi platform blogging Ghost

Kenapa Perlu?

Google Analytics merupakan "Web Analytic Tool" gratis dari Google yang berguna untuk mencatat dan membantu kita dalam menganalisa website kita. Setiap kunjungan web akan tercatat pada Google Analytics. Data tersebut ditampilkan dan diolah sedemikian rupa sehingga memudahkan kita meninjau website, berapa banyak jumlah view, berapa banyak user yang datang, ataupun seberapa lama user tersebut membuka website kita. Informasi seperti ini tidak bisa didapatkan pada Ghost, sehingga membutuhkan tools analytics external.

Dalam perjalan saya dalam belajar blogging, setelah selesai melakukan installasi Ghost, langkah selanjutnya yang saya lakukan adalah mengintegrasikan dengan Google Analytics. Hal ini agar saya dapat melihat performa dan perkembangan website saya dari waktu ke waktu. Semua informasi jumlah view ataupun traffic, tercatat dari sejak awal membuat blog.

Proses integrasinya pun sangat mudah, dokumentasi pada website Ghost nya pun sudah cukup karna prosesnya cukup straightforward.

Cara Integrasi Google Analytics dan Ghost

Proses integrasi Google Analytics + Ghost terbagi menjadi tiga tahapan utama. Pertama, buat akun dan buat profile website di Google Analytics. Kedua, ambil tracking code yang disediakan GA. Terkahir, tempelkan tracking code tersebut ke website kita.Berikut tahapan yang saya lalui untuk mengkonfigurasi GA:

1. Buka Google Analytics.

Di halaman awal ini langsung saja klik "Mulai Mengukur"

Screen Shot 2021-09-30 at 18.58.24.png

2. Pengisian Detail Akun dan Properti

Screen Shot 2021-09-30 at 19.00.28.png

Tahapan selanjutnya mengisi detail akun dan properti. Satu akun bisa memiliki banyak properti. Misalkan kamu punya 3 website berberda, berarti bisa buat tiga properti berbeda. Tidak terlalu banyak yang perlu diisi, hanya informasi bisnis, menamai properti dan settingan zona waktu dan mata uang saja.

3. Setting Aliran Data

Screen Shot 2021-09-30 at 19.04.50.png

Aliran data ini untuk mengkonfigurasi sumber data yang akan dialirkan ke Google Analytics, yaitu website kita. Lalu pilih web, karena kita ingin mentracking data kunjungan ke blog ghost kita. Selanjutnya masukan domain website

Screen Shot 2021-09-30 at 19.07.56.png

4. Copy Tracking Code

Screen Shot 2021-09-30 at 19.09.52.png

Pada tahapan ini akan ada tracking id yang digunakan untuk menandakan aliran ke properti GA kamu. Copy code yang ada di pilihan "Tag situs global"

5. Simpan Kode Tracking ke Ghost

Tahapan terakhir, buka Ghost admin kamu, masuk menu setting, lalu pilih menu Code Injection. Tempelkan kode tadi ke bagian Site Header.

Screen Shot 2021-09-30 at 19.16.59.png

6. Proses Selesai. Cek Reportnya.

Semuanya sudah selesai. Kita bisa pindah ke menu Ringkasan Laporan (Report), dan dashboardnya akan muncul. Walaupun datanya masih kosong. Berikut tampilannya,

Screen Shot 2021-09-30 at 19.18.04.png

Kalau ingin mencoba, bisa juga buka salah satu artikel di blog kamu, nanti akan tercatat di angka user ataupun viewnya. Silahkan mencoba.

Demikian tahapan yang saya lewati dalam mengintegrasikan Google Analytics dengan Ghost. Semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat.

Comments

Sign in or become a hirzani member to join the conversation.
Just enter your email below to get a log in link.