4 min read

Memulai Blogging di Tahun 2022, Buat Apa?

Memulai Blogging di Tahun 2022, Buat Apa?
Photo by Austin Distel / Unsplash

Sebuah tulisan memulai blogging dari seorang pemula yang baru saja memulai blogging

Siapa Saya

Beberapa teman-teman yang sedang membaca tulisan ini kemungkinan besar sedang memikirkan apakah blogging merupakan pilihan yang tepat untuk mengisi waktu luang, ataupun mendapatkan penghasilan tambahan. Kemungkinan pula, teman-teman disini berharap mendapatkan jawaban dari orang yang telah sukses di dunia blogging pada tahun ini. Sayangnya, saya bukan yang seperti itu. Saya merupakan orang yang sama dengan teman-teman yang hanya lebih dulu satu langkah untuk mempublish blog pertama. Tulisan ini mungkin bukan nasihat ataupun tips dari expert, melainkan berbagi pengalaman dan pemikiran yang saya lalui sehingga akhirnya memutuskan untuk memulai blogging disini.

Alasan Memulai Blogging

Dari berbagai sumber yang saya baca sebelumnya, hal pertama yang wajib dipikirkan adalah identifikasi apa yang memotivasi kita untuk menulis. Blogging merupakan perjalannya yang panjang hingga tahap sukses ataupun tahap dibaca oleh orang. Apabila kita tidak bisa menemukan motivasi yang tepat, perjalanan ini akan sangat melelahkan. Setidaknya, itulah kesimpulan yang saya dapatkan dari berbagai sumber. Apabila alasan kita untuk mencari pendapatan dalam jangka waktu cepat, maka saya rasa blogging bukan pilihan yang tepat. Saya pun bisa memperkirakan dalam beberapa bulan kedepan tidak akan ada yang membaca tulisan ini. Walaupun tulisan ini ditulis di bulan Oktober 2021, saya beri judul memulai blogging di tahun 2022 🤤

Lalu alasan saya apa sehingga memutuskan untuk memulai? Tujuan utama saya yaitu ingin membuat konten Youtube, berbagi hal menarik yang saya suka dan mendapatkan penghasilan dari sana. Namun, setelah mencoba ternyata banyak kendala yang membuat keinginan tersebut belum dilakukan sampai sekarang dan hanya menjadi omongan semata. Kesulitan seperti memilih topic apa yang akan dibahas, apakah bisa konsisten dengan topik tersebut, apakah saya kompeten dalam membawakan konten tersebut, malu depan kamera, ingin videonya perfect dsb. Saya merasa memulai Youtube ini terlalu banyak rintangannya bagi kompetensi saya saat ini.

Photo by AQVIEWS / Unsplash

Dari situ lah saya menyadari bahwa saya harus fokus terlebih dahulu di hal yang kecil. Memulai dari hal yang simple, yang tidak terlalu banyak rintangannya. Menurut saya, blogging adalah salah satu cara yang lebih cepat dan mudah dalam membiasakan diri menuangkan pikiran ke dalam sebuah konten digital. Tahapannya pun hampir saya dengan bikin Youtube. Dimulai dari riset, memilih topik, memikirkan poin poin utama tentang apa yang akan disampaikan, hingga mempublish di internet. Hanya saja, tidak perlu khawatir akan gugup depan kamera, bingung shooting, dan editing video. Sehingga, saya memutuskan untuk membiasakan menulis terlebih dahulu, menuangkan apa yang saya pikirkan dalam tulisan, dengan menuliskan pengalaman ataupun ilmu. Yang harapannya, beberapa bulan kedepan saya mulai terpikirkan topik apa yang saya kuasai, yang saya sukai, dan ingin dibuatkan dalam bentuk video Youtube.

Selain itu, alasan lainnya adalah untuk mendokumentasikan pemikiran dan ilmu yang sudah saya dapatkan. Terkadang, saat kita lihat kembali apa yang kita tulis beberapa tahun lalu, beberapa memori saat kita menulis juga akan terpintas dipikiran, layaknya melihat sebuah foto. Seperti mengabadikan momen saat ini, saat kita sedang menulis di depan laptop, apa yang kita lakukan sebelum menulis dan apa yang kita lakukan setelah menulis.

Anggap saja, ini sebuah catatan pribadi di local computer, namun bedanya, catatan ini bisa diakses siapapun di internet yang bisa memberikan maanfaat bukan hanya kepada saya sebagai penulis, tapi teman-teman semua sebagai pembaca.

Income Tambahan

Walaupun membutuhkan waktu yang lama, blogging seperti ini juga semestinya dapat menghasilkan pendapatan tambahan. Tapi, saya pribadi tidak terlalu berharap hal tersebut di blog ini. Iklan-iklannya itu looh mengganggu aesthetic halaman blog 🤤 Mudah mudahan dapat komisi iklannya dari youtube aja, dan pasti ada cara lain untuk memonetisasi blog ini. Hal terpenting untuk sekarang adalah mendapatkan traffic dan following dulu tanpa memikirkan monetisasi.

Salah satu cara mendapatkan penghasilan di blog tanpa iklan yaitu Medium, ini bisa juga jadi pilihan platform teman-teman. Skema komisi untuk penulisnya itu didapatkan dari pembayaran subscription dari pembacanya. Saya sendiri pernah menulis bebrapa artikel di medium dan join Partner Programnya dan terbukti mendapatkan uang, walaupun tidak terlalu banyak. Berikut saya coba bagikan satu satunya artikel yang saya tulis disana yang mendapatkan traffic konsisten.

Screen Shot 2021-10-04 at 20.33.58.png

Dapat dilihat untuk article ini saya publish sejak Desember 2019, sudah hampir 2 tahun dan total penghasilannya $51. Kurang dari sejuta rupiah. Sekilas, tidak banyak memang. Tapi jika diperhatikan lagi, ini baru dari satu tulisan, dengan member readers yang sedikit. Jika traffic ini mayoritas datang dari internal view (direkomendasikan di search page dan recommended home medium) pendapatannya akan sangat lumayan, saya rasa. Jadi, medium juga bisa jadi pilihan. Yang penting sepertinya fokus produksi konten saja. Screenshot artikel diatas adalah post terakhir saya, sudah cukup lama juga yah, masa masa sebelum ada Covid. Saya sendiri juga akan berusaha melanjutkan kembali menulis di Medium. Lalu kita lihat bagaimana hasilnya jika menulis dengan konsisten. Saya akan coba share kembali hasilnya dan pengalamannya di blog ini. Mudah mudahan dapat berbagi cerita dengan pembaca disini yang sedang melalui hal yang sama.

Strategi

Dari pengalaman menulis saya sebelumnya di Medium, saya tidak pernah serius memikirkan strategi ataupun konsisten dalam menulis. Hanya saat kebetulan ada ide dan semangat nulis saja. Hasilnya yaa mungkin seperti itu, post terakhir 2 tahun yang lalu. Yang jika saya dulu coba seriuskan, mungkin sekarang sudah mendapatkan pendapatan yang lumayan. Sebuah penyesalah :)

Jadi memang, satu hal penting yang saya sadari adalah konsisten. Karena itu saya pun baru saja memulai berusaha menjadi konsisten untuk menulis. Salah satu strateginya saya menuliskan target dalam bentuk OKR di Notion, yang saya tracking secara angka. Sehingga, membuat saya lebih aware tentang posisi kekonsistenan menulis saya, apakah sesuai target atau tidak. Dari angka ini juga membuat proses pembuatan konten lebih terukur dan memotivasi diri untuk selalu berusaha mencapai target.

Mudah mudahan artikel ini sedikitnya dapat membantu. Bila teman-teman baru saja memulai blogging, mari memulai bersama di tahun ini dan mari berbagi pengalaman dan ilmu. Tinggalkan komen dan mari diskusi 🤤

Oiya, terakhir. Jika teman teman ingin membuat blog dan bingung menggunakan platform apa, mungkin Ghost bisa menjadi pilihan. Platform ini yang sekarang saya gunakan. Selengkapnya bisa cek ini untuk cara caranya. Lumayan sampai sekarang masih gratis sampai 90 hari kedepan. Pake kredit gratis untuk akun baru di Digital Ocean.

Comments

Sign in or become a hirzani member to join the conversation.
Just enter your email below to get a log in link.