4 min read

Memulai Blogging: Hasil Setelah 1 Bulan, Apa yang Saya Pelajari?

Memulai Blogging: Hasil Setelah 1 Bulan, Apa yang Saya Pelajari?
Photo by Hannah Busing / Unsplash

Setelah satu bulan memulai blogging, ada 11 artikel yang berhasil saya publish. Bagaimana hasilnya? Apa yang saya pelajari?

Tidak Ada Traffic Yang Masuk

statistik pada google analytics

Yup, ini hal yang sudah dapat diprediksi. Satu bulan pertama setelah saya menulis beberapa artikel di blog ini, bisa dibilang tidak ada traffic yang masuk. Technically, bukan berarti 0 traffic dan 0 users. Namun, angkanya sangat kecil. Selain itu, saya merasa jumlah view dan users yang muncul di Google Analytics mayoritasnya adalah view dari saya sendiri yang sedang membaca ulang hasil yang ditulis ataupun untuk cek perubahan yang saya lakukan di blog. Karena jumlah yang tidak signifikan ini, saya menyimpulkan bahwa belum ada traffic nyata yang masuk ke blog ini.

statistik pada google search console

Butuh Determinasi Tinggi Untuk Konsisten

Konsisten itu sulit. Awalnya, saya merencanakan untuk dapat mempublish artikel sebanyak 20 artikel per bulan. Namun, pada kenyataannya pencapaian saya hanya 55%, yaitu 11 artikel yang berhasil di publish. Apa saja kesulitannya?

  • Waktu
Photo by Ant Rozetsky / Unsplash

Blogging jelas bukan kegiatan utama yang saya jalankan saat ini. Saya kerja sebagai karyawan di perusahaan yang cukup menghabiskan banyak waktu dari pagi hingga sekitar jam 6 sore. Kesibukan yang dilakukan selama kerja juga berimbas ke jenuhnya pikiran untuk mengerjakan hal lain. Biasanya perlu waktu beberapa jam untuk istirahat dan hanya menyisakan beberapa jam saja untuk dapat kembali membuat konten.

  • Keluarga
Photo by Ilya Pavlov / Unsplash

Keluarga merupakan hal yang lebih penting dari blogging. Waktu yang tersisa setiap malam atau weekendnya tidak akan dapat dimaksimalkan 100% untuk content creation. Menghabiskan waktu bersama istri ataupun keluarga terkadang menjadi opsi yang saya pilih ketimbang menulis di depan laptop. Hal ini tentunya dapat disolusikan dengan sistem produksi dan penjadwalan yang efektif.

  • Fokus
Photo by Surface / Unsplash

Untuk mensolusikan keterbatasan waktu, saya mencoba untuk memaksimalkan produksi konten di weekend. Namun, ternyata tidak semudah itu. Terdapat tantangan tersendiri untuk fokus. Kenyataannya, waktu yang seharusnya dimaksimalkan untuk menulis 3 artikel, malah dihabiskan untuk eksplorasi ide konten lainnya. Sehingga yang terjadi hanya berhasil mempublish 1 artikel dan menghabiskan waktu untuk mengkonsumsi konten lain yang saya justifikasi sebagai "riset".

  • TV Series
netflix all day
Photo by Mollie Sivaram / Unsplash

Perlu menghindari memulai nonton drama korea dan netflix series lainnya :). Setelah menonton satu atau dua episode, sulit untuk berhenti. Pada kasus saya sendiri, satu bulan kemarin sudah menonton 3 tv series dengan rata-rata 16 jumlah episode. Bagi saya pribadi, konsumsi series sangat sulit untuk dihentikan apalagi apabila sudah memulai beberapa episode. Terlebih menonton series akan menghabiskan waktu yang cukup banyak. Karena menonton series ini menyenangkan, hal ini menjadi tantangan tersendiri yang harus disiasati.

Apa Manfaatnya Sejauh Ini?

Dengan berbagai tantangan dan kesulitan yang saya lalui. Serta belum adanya traffic yang masuk. Saya masih bisa mendapatkan beberapa manfaat dari memulai blogging, yaitu:

  • Mendapatkan Keterampilan Baru

Membangun sebuah blog memang bukan hal yang sulit, terlebih apabila kita menggunakan layanan yang sepenuhnya dikelola oleh penyedia layanan blogging seperti Medium. Namun, khususnya pada blog ini saya memilih untuk membangun blog menggunakan self hosted. Sehingga saya perlu untuk melakukan konfigurasi, installasi, dan maintenance sendiri. Hal-hal yang berhasil saya lakukan seperti konfigurasi domain, konfigurasi pengiriman email, konfigurasi favicon, dan konfigurasi platform Ghost (blogging platform) menjadi keterampilan tersendiri yang saya yakini akan memberikan manfaat dalam jangka panjang. Menariknya, keterampilan ini di dapatkan dalam waktu satu bulan. Melanjutkan kegiatan ini dalam beberapa tahun mendatang, tentunya akan membangun keterampilan lainnya.

  • Semangat Belajar
Laptop and notepad
Photo by Nick Morrison / Unsplash

Pada satu bulan pertama ini, waktu yang saya gunakan untuk belajar menjadi meningkat. Beberapa online course telah saya selesaikan di Udemy ataupun Skillshare, khususnya terkait dengan SEO dan Content Creation.

  • Menemukan Tools Baru
Photo by Pauline Bernard / Unsplash

Ada beberapa tools atau aplikasi yang baru saya gunakan saat memulai blog ini. Tools tersebut yaitu Google Search Console dan Notion. Kedua tools ini dapat membantu dalam hal produktifitas dan analisa performa artikel yang kita buat.

  • Aktif Mendapatkan Ide Baru
Photo by Kvalifik / Unsplash

Saat saya mengkonsumsi konten baik itu di Youtube ataupun artikel di Medium, pikiran saya menjadi lebih aktif untuk mencari ide-ide konten baru. Kesimpulan yang saya dapatkan dalam hal ini adalah, apabila kita tidak memulai membuat konten karena ragu bisa membuat banyak konten, jawabannya adalah mulai saja dulu. Karena dengan memulai produksi, pikiran kita menjadi lebih aktif menghasilkan ide ide konten baru.

Comments

Sign in or become a hirzani member to join the conversation.
Just enter your email below to get a log in link.