2 min read

Menjelajah Hal Baru: Membangun Channel Youtube

Menjelajah Hal Baru: Membangun Channel Youtube
Photo by Jenny Ueberberg / Unsplash

Catatan perjalanan dalam membangun channel youtube

Kenapa Mulai Youtube?

Membuat video bukal suatu hal yang aneh. Fotografi dan videografi sudah menjadi hobi sejak lebih dari 5 tahun yang lalu. Walaupun bukan seorang profesional di bidang tersebut, kegiatan tersebut menyenangkan bagi saya.

Setelah hampir 2 tahun kerja dari mana saja karena pandemi ini, saya merasa tipe bekerja seperti ini cukup produktif, efektif dan menyenangkan. Karena hal ini, saya memiliki mimpi baru yaitu untuk mencapai sebuah kondisi dimana saya bisa dengan bebas mengerjakan project apapun yang  disukai, dimanapun.

Tentu, saat ini kendalanya adalah masalah waktu dan finansial. Karena kegiatan ini part time, keterbatasan waktu menjadi hal utama. Jika full time, ya mau makan dan menghidupi keluarga pake apa?

Namun, tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi 5 tahun kedepan. Ada kemungkinan apabila kegiatan part time ini rutin dan konsisten, akan semakin mendekatkan keadaan pada mimpi tersebut. Kalau pun tidak kesampaian, saya yakin banyak pelajaran yang bisa diambil.

Maka, sejak bulan lalu saya mencoba "nyicil" berkreasi dalam bentuk tulisan dan video. Tidak terbatas kedua ini, ada hal lain nantinya yang akan coba saya jelajahi. Untuk saat ini, kita coba mulai nulis dan video dulu.

Implementasinya Seperti Apa?

Photo by 2H Media / Unsplash

Fase 1: Konsisten Menulis

Tahap pertama yang saya lakukan adalah membiasakan menulis. Membuat video di youtube pun pada dasarnya melalui tahapan riset dan menulis terlebih dahulu. Saat tulisan ini ditulis, kegiatan menulis ini sudah berjalan sekitar 1 bulan. Perjalanan tersebut saya dokumentasikan juga di blog ini.

Fase 2: Riset Awal Tentang Youtube

Tahapan kedua adalah mempelajari berbagai hal tentang Youtube. Baik dari sisi platform, ataupun pembuatan konten videonya. Saat ini, saya sedang menjalani tahap satu dan tahap dua.

Fase 3: Upload Video Pertama

Tahap ketiga adalah upload video pertama. Saya dedikasikan sebuah tahapan khusus karena rasanya video pertama masih terasa sulit. Saya menargetkan untuk upload video pertama maksimal pada akhir bulan Desember 2021 ini.

Fase 4: Monetisasi

Tahapan keempat adalah 1000 subscriber dan 4000 watch time. Per hari ini, itulah syarat untuk mengikuti partner programnya Youtube. Belum ada target yang saya tetapkan untuk ini. Halaman artikel ini akan terus saya update seiring berjalannya waktu.

Catatan Perjalanan

Mudah mudahan catatan perjalan ini dapat bermanfaat bagi pembaca yang melihat tulisan ini. Bahkan mungkin ada yang sedang akan memulai juga. Mari kita belajar dan jelajahi bersama.


Subscribe blog ini untuk mendapatkan notifikasi update progres kegiatan dan pelajar yang saya dapatkan.

Comments

Sign in or become a hirzani member to join the conversation.
Just enter your email below to get a log in link.