2 min read

Pengaturan Pengiriman Email pada Ghost Menggunakan Gmail

pengaturan smtp gmail pada ghost
Photo by Stephen Phillips - Hostreviews.co.uk / Unsplash

Tahapan untuk dapat mengirimkan email untuk proses login member pada Ghost

Fitur Subscribe Pada Ghost

Seperti yang teman-teman ketahui, saya membangun blog menggunakan aplikasi Ghost CMS. Platform ini menyediakan suatu fitur bawaan untuk daftar sebagai member, baik itu paid member ataupun free member. Pada dasarnya visitor yang daftar sebagai member bisa mendapatkan notifikasi email ataupun akses ke halaman tertentu.

Mekanisme daftarnya ini cukup sederhana, pengunjung hanya perlu memasukan email, tanpa login user password. Lalu, magic link akan terkirimkan ke inbox email pendaftar. Link tersebut langsung dapat digunakan untuk login.

Pertama kali saya menggunakan, saya ingin test seperti apa experience dari subscribe ini, karena saya belum pernah subscribe secara langsung ke suatu blog atau newsletter. Namun, setelah saya coba daftar, ternyata terdapat pesan error saat registrasi. Hal ini ternyata disebabkan karena saya belum melakukan pengaturan untuk pengiriman email tersebut.

Pengaturan Pengiriman Email

Untuk mengirimkan email, aplikasi Ghost kita musti dapat berkomunikasi dengan mail server. Ada beberapa layanan yang dapat digunakan. Pada kesempatan pertama ini saya coba menggunakan Gmail. Berikut untuk cara caranya.

1. Check SMTP Server Gmail

Pada dasarnya kita perlu mengkoneksikan website kita ke alamat mail server google. Bisa coba cari di google dengan keyword "Gmail SMTP". Koneksi SMTP ini akan kita gunakan untuk mengirimkan email. Berikut alamat SMTP Gmail yang saya dapatkan pada website Google.

alamat smtp gmail
alamat smtp gmail

Sampai tahapan ini, simpan dulu saja informasi tersebut.

2. Tentukan Email Gmail yang Digunakan

Selanjutnya tentukan email yang akan kita gunakan untuk mengirim email. Untuk authentikasi ke gmail, ada beberapa lapisan security yang dimiliki Google. Namun untuk pengiriman email dari aplikasi ini, kita musti mendisable fitur tersebut. Konfigurasi ini terdapat pada settingan google less secure apps.

pengaturan less secure apps gmail
pengaturan less secure apps gmail

3. Konfigurasi Alamat SMTP Gmail pada Ghost

Tahapan terakhir adalah untuk menambahkan konfigurasi pengiriman email tersebut pada aplikasi Ghost. Untuk hal ini, kita perlu untuk masuk ke server ghost kita. Lalu buka file konfigurasi bernama config.production.json yang ada di directory /var/www/ghost (bisa saja berbeda).

Pada file json tersebut, kita akan menemukan tag "mail", disinilah settingan ke Gmail SMTP nya perlu ditaruh. Kita dapat masukan text dibawah,

"mail": {
    "from": "emailkamu@gmail.com",
    "transport": "SMTP",
    "options": {
        "host": "smtp.gmail.com",
        "service": "Gmail",
        "port": 465,
        "secure": true,
        "auth": {
            "user": "emailkamu@gmail.com
            "pass": "password email kamu"
    	}
    }
},

4. Restart Aplikasi Ghost

Supaya perubahan pengaturan tadi berfungsi, kita perlu untuk merestart aplikasi ghost dengan command ghost restart

5. Test Registrasi

Terakhir, test apakah perubahan tersebut sudah sukses. Saya coba registrasi menggunakan akun email yang lain, dan hasilnya saya menerima magic link untuk login.

magic link untuk login member pada ghost
magic link untuk login member pada ghost

Beberapa Catatan

Saya masih mencoba beberapa opsi lain yang mungkin cocok untuk notifikasi email ataupun batch email nantinya. Juga, mempertimbangkan mekanisme yang paling secure. Namun, untuk saat ini, pengaturan email ini masih cukup dan saya gunakan saat ini.

Ikuti perkembangan perjalanan blog ini dengan cara subscribe untuk mendapatkan notifikasi email untuk setiap update artikel terbaru.

Comments

Sign in or become a hirzani member to join the conversation.
Just enter your email below to get a log in link.