2 min read

Perdana Publish Artikel Medium di Publication

Perdana Publish Artikel Medium di Publication

Setelah daftar ke beberapa publication, akhirnya saya submit artikel

Medium Publication

Business newspaper pages
Photo by AbsolutVision / Unsplash

Sekitar satu minggu yang lalu, saya giat mendaftar berbagai publication yang masih dalam kategori menengah kebawah. Secara teori publish artikel lewat publication akan meningkatkan exposure tulisan kita. Artikel kita berpotensi untuk di distribusikan ke followers publication tersebut.

Jadi, saya penasaran. Akhirnya ada sekitar 9 publisher yang sudah menerima saya sebagai writer tanpa harus melakukan submit artikel pertama terlebih dahulu.

Artikel Perdana

Pagi tadi, sekitar jam 8 pagi saya submit artikel pertama saya ke ILLUMINATION. Setelah submit, akan muncul notifikasi bahwa artikel kita sedang menunggu proses review oleh editor publication tersebut. Saya mengira, ini mungkin akan memakan waktu beberapa hari. Namun, di publication ini ternyata cepat. Sekitar jam 8 malam, ada email notifikasi yang menginformasikan bahwa artikel yang saya submit sudah di approve dan di publish.

12 jam setelah submit, artikel saya di approve
akhirnya artikel yang saya submit di publish

Pencapaian Baru

Ada perasaan bahagia yang dirasakan ketika mendapatkan notifikasi tersebut. Memang bukan sesuatu yang big deal. Namun, "pertama kali" melakukan sesuatu selalu menjadi kebahagian tersendiri bukan?

Marques Brownlee Taught Me How to Present Numbers
A common best practice that can enhance the information we deliver.

Sekarang penasara, sebesar apa exposurenya. Nanti akan saya update dalam progress kegiatan menulis. Rencananya untuk artikel selanjutnya akan saya coba publish juga melalui publication.  

Comments

Sign in or become a hirzani member to join the conversation.
Just enter your email below to get a log in link.