3 min read

Seperti Apa Newsletter Pada Platform Blogging Ghost?

Seperti Apa Newsletter Pada Platform Blogging Ghost?
Photo by Olga Serjantu / Unsplash

Belum ada member, tapi penasaran pengen coba fiturnya seperti apa.

Apa Itu Newsletter?

Newsletter merupakah pengiriman email rutin yang diberikan oleh perusahaan, organisasi, ataupun pemilik website dan blog tertentu kepada subscriber/member nya. Informasi yang diberikan beragam mulai dari laporan data, kurasi informasi, analisa, infografis dan lain lainnya. Sebetulnya tidak ada batasan pada jenis konten yang diberikan, semua tergantung pada penulisnya.

Saya menulis artikel ini di akhir minggu kedua dari perjalanan saya dalam belajar membangun blog. Belum ada traffic yang masuk, apalagi subscriber newsletter. Tapi karena saya penasaran seperti apa fiturnya dan cara kerjanya. Saya coba kirim ke email diri saya sendiri.

Photo by Georgia de Lotz / Unsplash

Nantinya, newsletter pada blog ini akan saya gunakan untuk mengirimkan informasi bulanan yang berisikan statistik perkembangan semua hal yang sedang saya pelajari, seperti jumlah traffic blog, dan statistik youtube (setelah nanti memulai), apa saja yang dilakukan di bulan tersebut, dsb. Yah... dalam rangka mendokumentasikan perjalanan ini intinya.

Newletter ini juga secara bentuknya adalah sebuah artikel, jadi walaupun belum ada subscriber, artikel nya akan tetap terpublish secara public di blog ini seperti biasa.

Seperti Apa Newsletter di Ghost?

Untuk menggunakan fitur newsletter ini, perlu ada beberapa pengaturan tambahan untuk mengirimkan email secara batch. Saat ini, ghost merekomendasikan untuk menggunakan Mailgun sebagai layanan pengiriman emailnya.

Setelah pengaturan mailgun selesai, kita bisa lanjut untuk memeriksa pengaturan yang ada di setting website kita. Disana terdapat pengaturan default member group yang dikirimkan email, dan alamat email pengirimnya.

pengaturan newsletter ghost
pengaturan newsletter ghost

Pengiriman newsletternya sendiri dilakukan saat kita akan mempublish sebuah artikel. Secara default setiap artikel akan dikirim ke alamat email member. Namun ada toggle pilihan juga untuk menonaktifkan pengiriman email apabila kita tidak ingin post tersebut dikirim ke member.

pengaturan newsletter sebelum publish
pengaturan newsletter sebelum publish

Lalu.. bagimana tampilannya di sisi penrima? Nah, beginilah contoh tampilan newsletter yang dibuka di desktop,

tampilan newsletter ghost pada desktop
tampilan newsletter ghost pada desktop

Dan, berikut tampilan newsletter apabila kita buka lewat smartphone.

tampilan newsletter ghost pada smartphone
tampilan newsletter ghost pada smartphone

Secara tapilannya rapih, mirip seperti buka artikel pada browser smartphone. Namun, experience saat scrolling membacanya kurang nyaman karena agak patah patah gerakannya. Bisa jadi ini karena spesifikasi atau memori hp, namun dapat dipastikan bahwa tidak akan selancar buka di browser langsung.

Bagian body konten emailnya ini menampilkan artikel secara full dari awal sampai akhir. Saya sendiri lebih menginginkan beberapa bagian awal saya yang disimpan di body email dan artikel lengkapnya diarahkan ke blog langsung. Namun saat menulis ini saya belum menemukan caranya. Akan saya update kembali artikel ini ketika sudah ketemu caranya.

Apakah Newsletter yang Dikirimkan Dibaca?

Nah, ini yang cukup menarik. Di dalam dashboard ghost kita dapat mengetahui berapa persen member kita yang membuka email tersebut.

grafik open rate newsletter di ghost
grafik open rate newsletter di ghost

Apabila kita klik detail informasi member, kita pun bisa mengetahui si member "x" ini dia membuka kiriman newsletter yang mana aja.

Lalu pada bagian post pun, kita bisa melihat artikel mana saya yang dipublish sekaligus dengan pengiriman email dan berapa persen dari member membuka artikel tersebut. Berikut tampilannya. Jadi penulis dapat menilai artikel seperti apa yang sering dibuka ataupun pengiriman jam berapa yang efektif.

Jadi, itulah hal baru yang menarik yang saya temukan hari ini dalam menjelajahi platform blogging Ghost.

Comments

Sign in or become a hirzani member to join the conversation.
Just enter your email below to get a log in link.